Halo Tanggapers Indonesia, Bisnis online makin berkembang dengan pesat ketika wabah pandemi melanda dunia sejak awal tahun 2020 lalu. Bisnis yang sebelumnya tidak peduli dengan dunia online, kini mau tidak mau harus terjun ke online agar tetap bisa bertahan.


Pandemi juga membuat banyak orang mulai belajar bisnis online, agar bisa tetap mendapatkan penghasilan walau hanya dari rumah saja.


Nah, Bagaimana Sih Cara Memulai Bisnis Online dari Nol untuk Pemula?


Berikut ini langkah-langkahnya :


1. Riset Market


Lakukan riset market terlebih dahulu sebelum Anda memulai bisnis online. Riset market ini penting untuk mencari tahu apa saja yang banyak dibutuhkan orang.


Anda bisa menggunakan alat bantu seperti Google Keyword Planner, Google Trends, maupun Search Engine Google dan Youtube.


Khusus untuk Anda yang ingin bisnis online di Shopee, Anda bisa menggunakan alat bantu yang banyak di jual di marketplace digital untuk mencari tahu trend keyword apa saja yang banyak dicari di pencarian Shopee.


2. Memilih Produk yang Dibutuhkan Pasar


Setelah riset market dan Anda tahu apa saja yang banyak dicari / dibutuhkan orang, selanjutnya adalah Anda memilih produk yang tepat untuk market tersebut.


Misal hasil risetnya ternyata banyak orang yang sedang mencari tools untuk memudahkan pr0m0si di Whatsapp.

Maka Anda bisa langsung mencari produk tentang tools Whatsapp Marketing seperti berikut ini :

Terkait dengan produk, Anda bisa membuat / produksi sendiri kalau memang memungkinkan.

Jika tidak bisa, Anda bisa menjadi reseller dulu yaitu membeli produk dari supplier dan jual kembali.


Bagaimana Jika Tidak Punya Modal untuk Membeli Stok Produk?


Anda bisa memulai bisnis affiliate di mana Anda tidak perlu punya produk sendiri & tanpa stok produk. Anda bisa langsung jualan, modal koneksi internet saja.

Anda bisa belajar bisnis Affiliate dari Nol Di google banyak banget kok yang share tips ini.


3. Mulai Jualan

Setelah Anda riset market dan menentukan produk yang tepat, selanjutnya adalah mulai untuk jualan alias mulai pr0m0si.

Pilih channel atau media pr0m0si online di mana banyak target market Anda berkumpul. Bisa di WA, Instagram, Facebook, Youtube, Marketplace, dll.


Itulah 3 langkah yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis online dari nol. Kunjungi juga blog Tanggapin Di Sini untuk belajar lebih banyak tentang bisnis & digital marketing.